Universitas GUNADARMA

Minggu, 22 Juni 2014

Postest : Susunan Staff

Jelaskan tugas masing-masing anggota tim proyek.

Jawab :

A. Manajer Proyek (Project Manager)
Tugas dari Manajer Proyek adalah :
1) Mencari seseorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
2) Merubah permintaan yang menyimpang.
3) Mengumumkan kesalahan.
4) Mendisiplinkan orang-orang.
5) Mengetahui orang-orang yang terlibat.

B. Pimpinan Proyek (Project Leader)
Tugas dari pimpinan proyek adalah :
1) Memimpin keseluruhan wawancara dengan user.
2) Menjadi pengawas harian bagia programmer.

C. Programmer
1) Membuat aplikasi sesuai dengan persetujuan kontrak.
2) Bertanggung jawab atas aplikasi yang sudah dibuat.
3) Melakukan pengujian terhadap aplikasi yang akan digunakan.

D. Programmer Ahli (The Guru Programmer)
1) Membuat program atau tugas-tugas yang rumit.
2) Mengerjakan program atau tuga-tugas 10 kali lebih cepat dari orang lain.
3) Menngajarkan dan mendampingi programmer pemula pada saat membuat sebuah project.

Pretest : Susunan Staff

Apa saja yang perlu diperhatikan pada saat memilih anggota tim proyek? Jelaskan.

Jawab :


1. Secara spesifik, membangun sebuah tim artinya harus mengembangkan semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi, dan produktivitas.

•Semangat : Muncul karena masing-masing anggota percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Makin tinggi tingkat kepercayaan mereka atas kemampuannya, makin besar pula motivasi mereka untuk menyelesaikan tugas dengan baik
•Saling percaya : Rasa saling percaya antar sesama anggota merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim, agar tim mampu bekerja secara efektif.
•Kedekatan : Kedekatan antar anggota merupakan perasaan yang mampu menyatukan anggota secara sukarela. Suatu kelompok yang kohesif adalah kelompok yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Mereka mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Umumnya kelompok yang kohesif akan lebih produktif.
•Komunikasi : Agar tim bisa berfungsi dengan baik, semua anggota harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan hubungan antar pribadi secara baik, bicara secara terbuka satu sama lain, memecahkan konflik yang ada, dan secara bersama menghadapi masalah.

•Produktivitas : Tim seyogianya dapat menyelesaikan tugas yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi sumber daya, ketrampilan, pengetahuan, kepemimpinan, maka tim berpotensi sangat lebih efektif daripada perorangan.