Universitas GUNADARMA

Minggu, 29 April 2012

Perilaku Produsen


Pengertian Produksi

     Produksi adalah konsep arus (flow consept), bahwa kegiatan produksi diukur dari jumlah barang atau jasa yang dihasilkan dalam suatu periode waktu tertentu, sedangkan kualitas barang atau jasa tidak berubah.
     Produksi juga dapat diartikan usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Dan orang yang menghasilkan barang atau jasa tersebut disebut  Produsen. Untuk dapat melakukan kegiatan produksi, seorang produsen membutuhkan faktor-faktor produksi. 
     Terdapat dua faktor produksi yaitu faktor produksi asli dan faktor produksi turunan :
  • Faktor Produksi Asli
Yang termasuk faktor produksi asli diantaranya adalah:
1. Alam 
2. Tenaga kerja
  • Faktor Produksi Turunan
Yang termasuk faktor produksi turunan :
1. Modal
2. Keahlian

Perilaku Produsen

     Sebuah usaha produksi baru bisa berjalan dengan baik bila dijalankan dengan produsen atau sering kita sebut dengan pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari keuntungan yang menguntungkan dan mengambil resiko seperlunya untuk mengelola dan merencanakan suatu bisnis.
      Pengusaha berbeda dengan pemilik bisnis kecil atau manajer. Bila hanya memiliki sebuah usaha dan hanya berusaha untuk mencari  keuntungan, barulah sebatas pemilik suatu bisnis. Bila hanya mengatur karyawan dan menggunakan sumber daya perusahaan untuk usaha,maka orang itu disebut sebagai manajer. Pengusaha itu lebih dari keduanya. Pengusaha berusaha mendirikan perusahaan yang menguntungkan, mencari dan mengelola sumber daya alam untuk memulai suatu bisnis.
    Agar berhasil,manager harus mampu melakukan 4 hal sebagai berikut :
  • Perencanaan . Perencanaan antara lain terkait dengan penyusunan strategi, rencana bisnis, serta visi perusahaan. Ia harus tahu apa yang ia capai bagaimana cara mencapai tujuan tersebut.
  • Pengorganisasian. Semua sumber daya yang ada harus ia kelola untuk mencapai tujuan perusahaannya, baik sumber daya, modal, dan manusia.
  • Pengarahan. Agar rencana bisa terwujud,pengusaha wajib membimbing dan mengarahkan anak buahnya.
  • Pengendalian. Kemampuan ini dengan hubungannya bagaimana hasil pelaksanaan kerja tersebut. Apakah sesuai dengan rencana atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar