Universitas GUNADARMA

Senin, 07 Januari 2013

Proposal PI

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Permasalahan e-learning berbasis web terus berkembang seiring dengan perkembangan masyarakatnya sebagai akibat:

1. perkembangan jaringan internet yang semakin meluas.

2. banyaknya masyarakat yang sulit mendapat informasi.

3. media pembelajaran berbasis web masih sedikit di temui.

4. penyampaian materi kurang/masih sulit untuk di mengerti oleh pemakai.

Akibat ketidakseimbangan hal-hal di atas, maka timbul masalah-masalah baru dalam bidang pembelajaran berbasis web. Masalah tersebut akan semakin rumit dengan kurangnya materi-materi dan penjelasan yang ada untuk pembelajaran web. Jumlah web berbasis pembelajaran seperti e-learning pun sulit untuk di temui dan sangat jarang, biasanya yang menyediakan ini hanyalah perguruan-perguruan tinggi dan sekolah-sekolah dan tidak disebarkan secara umum. Oleh karena itu pendidikan berjaringan website sangatlah penting, terutama untuk kalangan umum yang ingin belajar mengenai pengetahuan umum.

Anak-anak cenderung memiliki daya rekam yang kuat,sehingga apa yang mereka lihat dan mereka dengar akan tersimpan dipikiran mereka hingga dewasa. Maka tidak heran jika pembelajaran berbasis web di haruskan sejak dini. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka pada penulisan ilmiah ini penulis ingin membuat e-learning web untuk semua kalangan, yang di dalamnya terdapat pengetahuan umum dan pembelajaran yang sangat mudah dimengerti oleh semua kalangan (anak-anak maupun orang dewasa).

1.1 Batasan Masalah

dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi pembahasan masalah hanya pada kegunaan dan fungsi e-learning berbasis web, serta bentuk penyajian yang diharuskan untuk mudah dimengerti setiap kalangan.

1.2 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah membantu memberikan pemahaman pengetahuan-pengetahuan umum, dengan cara menarik, mudah dipahami dan interaktif, dengan menerapkan teknologi Multimedia. Selain itu dapat memberikan pengenalan dasar bagi pembaca yang berminat, serta pemahaman tentang cara-cara pembuatan e-learning.

1.3 Metode Penulisan

Metode yang dipakai penulis dalam mengerjakan penulisan ini adalah menggunakan metode Studi Pustaka yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku dan media lainnya yang dapat membantu pengerjaan e-learning.

1.4 Sistematika Penulisan

Penulisan ilmiah ini dibagi dalam 4 BAB dengan masing – masing BAB terdiri atas beberapa SUB BAB dengan menggunakan sistematika sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULAN

Bab ini menguraikan segala sesuatu yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini, atau meupakan gambaran umum tentang permasalahan yang akan dibahas, seperti : latar belakang masalah , dan pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan teori – teori yang mendukung atau berhubungan dengan penulisan ilmiah ini. Seperti pengenalan tentang internet, e-learning, dan aplikasi-aplikasi pendukung untuk e-learning berbasis web.

BAB III : PEMBAHASAN

Bab ini menjelaskan pembuatan e-learning berbasis web dan penyajian materi yang seharusnya.

BAB IV : PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil pembuatan e-learning berbasis web disertai saran – saran dari penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar