Universitas GUNADARMA

Jumat, 05 Juli 2013

Obyek Relational Database Management System

Penggunaan teknologi RDBMS (Relational Database Management System) pada awalnya sangat dominan, tetapi dikarenakan fasilitas–fasilitas yang ada pada RDBMS tidak lagi sesuai dengan aplikasi tingkat lanjut, maka RDBMS digantikan dengan OODBMS (Obyek Oriented Database Management System). Pada OODBMS terdapat banyak sekali bentuk-bentuk object oriented seperti metode encapsulation, inheritance, polymorphism, dll.

Model data relasional lanjutan tidak hanya ada satu , tetapi terdapat berbagai macam model data, dimana karakteristik dan tingkat kebutuhan data yang telah dibuat. Bagaimanapun semua model data yang akan digunakan mengacu pada konsep objek dan mempunyai kemampuan untuk menyimpan data di dalam database.

Berbagai macam terminologi yang digunakan untuk sistem model relasional tingkat lanjut yaitu ERDBMS. Tapi sekarang ini untuk sistem berbasis objek dapat digunakan OODBMS.
Inti dari kinerja RDBMS yaitu ada pada optimasi queri-nya dan juga pengetahuan mengenai bagaimana mengeksekusi fungsi dari user-define secara efisien, mengambil keuntungan dari pengindeksan pada struktur yang baru, memetakan queri dengan cara baru, dan menavigasi antara data menggunakan referensi data.

Penggunaan OODBMS untuk suatu organisasi yang sangat besar dan universal tidak lagi sesuai sehingga untuk mendukung kinerja dari organisasi tersebut dibutuhkan suatu ORDBMS (Objeck Relational Database Management System).

ORDBMS memiliki fasilitas untuk mendefinisikan data yang kompleks, menspesialisasikan struktur indeks dibutuhkan untuk mengefisienkan pengambilan data. ORDBMS digunakan untuk dua sampai tiga dimensional data.

Tujuan Objek Relational Database:
Untuk menjembatani kesenjangan antara pemetaan objek-relasional dan teknik pemodelan data konseptual.Untuk menjembatani kesenjangan antara teknik pemodelan berorientasi objek (digunakan dalam bahasa pemrograman seperti C + +, C # dan Java) dan database relasional.
Keuntungan ORDBMS:

1. Obyek Relational Database Management Systems memastikan kapasitas penyimpanan yang besar,yang merupakan bagian penting dalam pembangunan berbasis web
2. Kecepatan akses cukup cepat.
3. ORDBMSs memiliki skalabilitas besar-besaran.
4. ORDBMSs membanggakan kekuatan manipulasi database yang sangat baik dari objek.
5. Mendukung objek dengan menambahkan fungsi API yang terpisah dan subsistem server
6. Redesigns mesin database sepenuhnya
7. Mendukung jenis data yang kaya dengan menambahkan lapisan berorientasi objek baru.
Selain dari manfaat, objek sistem manajemen basis data relasional memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan utama adalah ketidakmampuan untuk aplikasi internet berkecepatan tinggi. Namun, ORDBMSs dirancang untuk mengelola sejumlah besar informasi, merupakan aspek penting dalam pengembangan situs web. IDC berpendapat bahwa kasus pasar ORDBMS memiliki potensi untuk melampaui ukuran ODBMS dalam beberapa tahun mendatang dalam pembangunan berbasis web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar