Universitas GUNADARMA

Jumat, 05 Juli 2013

Perangcangan Relasional Basis Data Terdistribusi

Faktor - faktor yang dianjurkan untuk digunakan pada basis data terdistribusi yaitu :
1. Fragmentasi : Sebuah relasi yang terbagi menjadi beberapa sub-sub relasi yang disebut dengan fragment, sehingga disebut juga distribusi. Ada dua buah fragmentasi yaitu horisontal dan vertikal. Horisontal fragmentasi yaitu subset dari tupel sedangkan vertikal fragmentasi subset dari atribut.
2. Alokasi, setiap fragmen disimpan pada situs dengan distribusi yang optimal.
3. Replikasi, DDBMS dapat membuat suatu copy dari fragmen pada beberapa situs yang berbeda.

Definisi dan alokasi dari fragmen harus berdasarkan pada bagaimana basis data tersebut digunakan. Perancangan harus berdasarkan kuantitatif dan kualitatif informasi. Kuantitatif informasi digunakan pada alokasi data sedangkan kualitatif informasi digunakan untuk fragmentasi.

Kuantitatif informasi termasuk :
• Seberapa sering aplikasi di jalankan
• Situs mana yang aplikasinya dijalankan
• Kriteria kinerja untuk transaksi dan aplikasi

Kualitatif informasi termasuk transaksi yang dieksekusi pada aplikasi, termasuk pengaksesan relasi, atribut dan tuple , tipe pengaksesan( R atau W ) dan predikat dari operasional.

Definisi dan alokasi dari fragment menggunakan strategi untuk mencapai obyektifitas yang diinginkan :

1. Referensi Lokal
Jika memungkinkan data harus disimpan dekat dengan yang menggunakan. Bila suatu fragmen digunakan di beberapa lokasi , akan menguntungkan jika fragmen data tersebut disimpan di beberapa lokasi juga.

2. Reliabilitas dan Availabilitas yang ditingkatkan
Keandalan dan ketersediaan data ditingkatkan dengan replikasi. Ada salinan lain yang disimpan di lokasi yang lain.

3. Kinerja yang di terima
Alokasi yang tidak baik dapat mengakibatkan bottleneck terjadi, sehingga akan mengakibatkan banyaknya permintaan dari beberapa lokasi yang tidak dapat dilayani dan data yang diminta menjadi tidak up to date menyebabkan kinerja turun.

4. Seimbang antara kapasitas penyimpanan dan biaya
Pertimbangan harus diberikan pada ketersediaan infrastruktur dan biaya untuk penyimpanan di setiap lokasi, sehingga untuk efisiensi dapat digunakan tempat penyimpanan yang tidak mahal.

5. Biaya komunikasi yang minimal
Pertimbangan harus diberikan untuk biaya akses jarak jauh. Biaya akan minimal ketika kebutuhan lokal maksimal atau ketika setiap site menduplikasi data nya sendiri. Bagaimanapun ketika data yang di replikasi telah di update. Maka data yang ter-update tersebut harus diduplikasi ke seluruh site, hal ini yang menyebabkan naiknya biaya komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar